Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Izin Pemasangan Reklame

Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)
Maret 26, 2021
Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK)
Maret 26, 2021

Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Izin Pemasangan Reklame

No KOMPONEN URAIAN
1.

Dasar Hukum

a.    Undang-Undang  Republik Indonesia Nomor  25  Tahun  2009 tentang Pelayanan  Publik  (Lembaran  Negara  Republik  Indonesia  Tahun  2009 Nomor  112,  Tambahan  Lembaran  Negara  Republik  Indonesia  Nomor 5038).

b.   Peraturan Pemerintah Nomor 96  Tahun 2012 tentang  Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

c.    Peraturan Menteri Pendayagunaan AparaturNegara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan, Penetapan, dan Penerapan Standar pelayanan.

d.   Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 24 tahun 2006 Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu satu Pintu.

e.    Peraturan Bupati Pesawaran  Nomor 8 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Izin Pemanfaatan dan Perubahan Penggunaan Tanah (IPPT).

f.     Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 11 Tahun 2014 tentang Izin Lokasi.

g.    Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 4 Tahun 2017 tentang pelimpahan sebagian kewenangan dibidang Perizinan dan Non Perizinan Kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pesawaran.

h.   Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 19 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Izin Peruntukan penggunaan tanah.

i.     Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 20 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran Nomor 3 Tahun 2012 tentang Retribusi Perizinan Tertentu.

j.     Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 32 Tahun 2018 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan di Bidang Perizinan dan Non Perizinan Kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pesawaran.

2.

Persyaratan Pelayanan

Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

a.    Fotocopy KTP Pemohon yang masih berlaku

b.   Fotocopy PBB Tahun Berjalan

c.    Fotocopy Surat Bukti Kepemilikan Tanah

d.   Berita Acara Pemeriksaan

e.    Surat Rekomendasi Camat Setempat

f.     Surat Kuasa dari Pemilik Tanah (apabila nama pemilik tanah berbeda dengan nama pemohon serta melampirkan fotocopy KTP pemberi kuasa/pemilik tanah).

g.    Surat Pernyataan Tidak keberatan dari tetangga

h.   Gambar dan Denah Lokasi

i.     SPPL, UKL/UPL atau Amdal untuk bangunan berdampak luas

j.     Fotocopy Kartu Anggota BPJS

k.   Rekomendasi dari Dinas PU dan PR

Pemasangan Reklame

a.    Surat Permohonan

b.   Fotocopy KTP Pemohon

c.    Gambar Kontruksi

d.   Tanda Lunas Pembayaran Pajak

e.    Berita Acara Pemeriksaan

f.     Fotocopy NPWP

g.    Fotocopy Kepemilikan Lahan/Surat Persetujuan Pemilik Lahan

3.

Sistem,mekanisme, dan prosedur

Pemohon → Front Office → Tim Teknis → Dinas PU dan PR → Rekomendasi → Kasi Pelayanan Perizinan Tata Ruang & Bangunan → Back Office → Kasi Pelayanan Perizinan Tata Ruang & Bangunan → Kabid Pelayanan Perizinan Usaha → Sekretaris → Kepala Dinas → Back Office → Front Office → Pemohon

4.

Jangka waktu penyelesaian

15 (Lima Belas)  hari kerja

5.

Biaya/Tarif

a.    Koefisien Tingkat bangunan (KTB)

No LUAS BANGUNAN KOEFISIEN
1

Bangunan 1 lantai

1,00

2

Bangunan 2 lantai

1,50

3

Bangunan 3 lantai

2,50

4

Bangunan 4 lantai

3,50

5 Bangunan 5 lantai keatas

4,00

 

b.    Koefisien guna bangunan (KGB)

No LUAS BANGUNAN KOEFISIEN
1

Bangunan social

0,50
2

Bangunan perumahan

1,00

3 Bangunan fasilitas

umum

1,00

4

Bangunan pendidikan

1,00

5

Bangunan kelembagaan/

kantor

1,50

6

Bangunan perdagangan

dan jasa

2,00

7

Bangunan industri

2,00

8 Bangunan Khusus

2,50

9

Bangunan Campuran

2,75

10

Bangunan lain-lain

3,00

Tarif ditentukan dan ditetapkan berdasarkan

Tarif Harga Dasar Bangunan (THDB) Kabupaten Pesawaran sebagai berikut :

a.    Lokasi bangunan berada dipinggir jalan Nasional, Provinsi dan Jalan Kabupaten serta konstruksi bangunan yang digunakan

 

No

LUAS BANGUNAN

HARGA

DASAR (Rp)/

M2

1 Bangunan Permanen

6.100,-

2

Bangunan Semi

Permanen

4.600,-

3

Bangunan Tambahan

Lain-lain :

a.     Pagar Beton

3.800,-

b.     Pagar Besi

1.500,-

c.     Pagar Kawat

750,-

d.     Lantai Jemur

1.500,-

e.     Cucian Mobil

1.500,-

f.      Pelataran Parkir

750,-

g.     Pipa Gas dan Pipa Air

5.300,-

h.    Tanki Gas

5.300,-
i.      Menara

5.300,-

j.      Selasar

3.400,-

 

b.   Lokasi bangunan berada dipinggir jalan kampung  dan gang serta konstruksi bangunan yang digunakan

 

 

No

 

LUAS BANGUNAN

HARGA

DASAR (Rp)/

M2

1

Bangunan Permanen

5.300,-

2

Bangunan Semi

Permanen

3.800,-

3

Bangunan Tambahan

Lain-lain :

a.   Pagar Beton

3.800,-

b.   Pagar Besi

1.500,-

c.   Pagar Kawat

750,-

d.   Lantai Jemur

1.500,-

e.   Cucian Mobil

750,-

f.    Pelataran Parkir

750,-

g.   Pipa Gas dan Pipa Air

5.300,-

e.   Tanki Gas

5.300,-

f.    Menara

5.300,-

g.   Selasar

2.300,-

 

RINCIAN : LB X THDB X KTB X KGB

LB       :  Luas Bangunan

THDB  :  Tarif Harga Dasar Bangunan

THDB  :  Koefisien Tingkat Bangunan

KGB    :  Koefisien Guna Bangunan

IMB     :  Luas Bangunan Permanen/Semi

Permanen x Tarif Harga Dasar Bangunan x

Koefisien Tingkat Bangunan x Koefisien Guna Bangunan

Pemutihan IMB Rumah Tinggal : Luas

Bangunan Permanen x Tarif Harga Dasar

Bangunan x Koefisien Tingkat Bangunan x 50 %

6.

Produk Pelayanan

a.    Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

b.   Izin Pemasangan Reklame

7.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

Sarana:

a.    Perangkat komputer

b.   Alat Tulis Kantor

c.    Sistem Informasi Manajemen Perizinan Terpadu DPMPTSP Kabupaten Pesawaran

d.   Blanko/formulir izin

e.    Dokumen Izin

f.     Brosur pengurusan izin

g.    Papan informasi prosedur dan persyaratan izin

h.   Telepon

i.     Website

j.     Email

k.   Online Single Submission (OSS)

Prasarana/fasilitas:

a.    Loket Informasi

b.   Loket  Administrasi  Perizinan  (Front  Office)  dan  Tim Teknis Perizinan (Back Office)

c.    Loket Pengaduan

d.   Loket Kasir/Bendahara

e.    Ruang Penyimpanan Arsip

f.     Ruang Tunggu

g.    Halaman Parkir

8.

Kompetensi Pelaksana

a.    Sarjana Ekonomi

b.   SMA, SMK

c.    Memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku

d.   Mampu mengoperasikan komputer

9.

Pengawasan internal

a.    Dilakukan oleh atasan langsung secara berjenjang

b.   Dilaksanakan secara kontinyu

10.

Penanganan pengaduan, saran dan masukan

Penanganan pengaduan:

a.    Pemohon menerima lembar saran dan  penilaian (IKM) pelayanan  DPMPTSP  saat  mengambil izin yang  telah selesai

b.   Pemohon mengisi lembar tersebut dan  mengembalikannya kepada petugas Loket Pengambilan Izin

c.    Pemohon yang akan menyampaikan  pengaduan dapat dilakukan dengan        datang langsung/melalui telpon/lisan /tertulis pada Loket Pengaduan.

d.   Surat  pengaduan  yang  masuk  ke  Kasi   Pengaduan dan Pembinaan, akan     dikonsultasikan ke Kabid Informasi Data Pengaduan dan Pengawasan, kemudian akan diklasifikasikan berdasarkan materi dan  bidang pengaduan terkait.

e.    Pengaduan yang masuk ke Kabid     Informasi Data Pengaduan dan     Pengawasan kemudian dikoordinasikan     dengan Kabid terkait (Kabid Pelayanan      Perizinan)

f.     Jawaban pengaduan dari Kabid terkait (Kabid Pelayanan Perizinan) akan dituangkan dalam bentuk surat jawaban pengaduan yang ditandatangani oleh Kepala DPMPTSP.

g.    Surat jawaban pengaduan yang telah ditandatangani oleh Kepala  DPMPTSP  akan  disampaikan  kepada  pemohon yang  mengajukan  pengaduan  secara langsung  atau  via telpon.

Penyampaian saran dan masukan:

a.    Pemohon juga dapat menyampaikan saran dan penilaian pelayanan DPMPTSP sewaktu-waktu dengan mengisi lembar penilaian yang tersedia pada meja loket kasir/pengambilan izin kemudiannya memasukkannya ke dalam kotak saran.

b.   Lembar  saran  dan  penilaian  pelayanan  direkap  dan dibahas dengan manajemen DPMPTSP secara berkala setelah 150 lembar saran dan penilaian pelayanan terkumpulBerdasarkan  hasil  rekap  berkala,  DPMPTSP  menyusun rencana aksi perbaikan pelayanan

Pengaduan dan Saran dapat disampaikan juga melalui:

a.    Kotak saran

b.   SMS gate way

c.    Survey IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat)

d.   Website (ptsp.pesawarankab.go.id)

e.    E_mail (DPMPT11@gmail.com)

11.

Jumlah pelaksana

11 Orang

12.

Jaminan pelayanan

Pelayanan didukung oleh petugas yang berkompeten dengan prinsip pelayanan yang prima

13.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

a.    Surat izin/surat keputusan izin dibubuhi tanda  tangan serta cap stempel basah, sehingga dijamin keasliannya.

b.   Surat izin/surat keputusan izin  menggunakan  kertas berkop Dinas.

14.

Evaluasi kinerja Pelaksana

Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan melalui pengukuranpenerapan beberapa komponen standar pelayanan yang dilakukan sekurang-kurangnya setiap 1 tahun sekali

 

SIKAHKAN UNDUH BERKAS DAN PERSYARATAN DI BAWAH INI

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *