Izin Perubahan Penggunaan Tanah (IPPT)/Izin Pemanfaatan Tanah (IPT) dan Izin Lokasi

Surat Izin Tambak (SIUP-TBK)
Maret 26, 2021
Izin Usaha Bidang Penanaman Modal Baru
Maret 26, 2021

Izin Perubahan Penggunaan Tanah (IPPT)/Izin Pemanfaatan Tanah (IPT) dan Izin Lokasi

No KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum

a.    Undang-Undang Republik Indonesia  Nomor  25  Tahun  2009 Pelayanan  Publik  (Lembaran  Negara  Republik  Indonesia  Tahun  2009 Nomor  112,  Tambahan  Lembaran  Negara  Republik  Indonesia  Nomor 5038).

b.   Peraturan  Pemerintah Nomor  96  Tahun  2012 tentang  Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

c.    Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan, Penetapan, dan Penerapan Standar pelayanan.

d.    Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 24 tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu satu Pintu.

e.    Peraturan Bupati Pesawaran  Nomor 8 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Izin Pemanfaatan dan Perubahan Penggunaan Tanah (IPPT).

f.     Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 11 Tahun 2014 tentang Izin Lokasi.

g.    Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 4 Tahun 2017 tentang pelimpahan sebagian kewenangan dibidang Perizinan dan Non Perizinan Kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pesawaran.

h.   Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 19 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Izin Peruntukan penggunaan tanah.

i.     Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 20 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran Nomor 3 Tahun 2012 tentang Retribusi Perizinan Tertentu.

j.     Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 32 Tahun 2018 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan di Bidang Perizinan dan Non Perizinan Kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pesawaran.

2. Persyaratan Pelayanan

Izin Perubahan Penggunaan Tanah (IPPT)/Izin Pemanfaatan Tanah (IPT)

a.    Surat Permohonan

b.   Surat Pernyataan tidak keberatan

c.    Surat Rekomendasi Camat Setempat

d.   Fotocopy KTP Pemohon

e.    Akte Pendirian Perusahaan

f.     Rekomendasi dari Dinas/instansi terkait sesuai dengan jenis usaha

g.    Gambar dan denah lokasi

h.   Berita Acara Pemeriksaan.

i.     Rekomendari dari Dinas PU dan PR/Bappeda/BPN

Izin Lokasi

a.    Surat Permohonan

b.   Fotocopy KTP Pemohon

c.    Fotocopy NPWP

d.   Akta Pendirian Perusahaan berikut perubahan nya ( jika ada)

e.    Surat Pernyataan Kesanggupan untuk melakukan pembebasan tanah

f.     Gambar denah lokasi

g.    Proposal yang berisikan uraian atau garis besar rencana  proyek

h.   Fotocopy surat Persetujuan Presiden/Kepala BKPM Izin Lokasi Lama untuk pemohon perluasan

i.     Rekomendari dari Dinas PU dan PR/BAPPEDA/BPN

3.

Sistem,mekanisme, dan prosedur

Pemohon → Front Office → Tim Teknis → Dinas PU & PR/Bappeda/BPN → Rekomendasi → Kasi Pelayanan Tata Ruang & Bangunan → Back Office → Kasi Pelayanan Tata Ruang & Bangunan → Kabid Pelayanan Perizinan Usaha → Sekretaris → Kepala Dinas → Back Office → Front Office → Pemohon
4. Jangka waktu penyelesaian 12 (Dua Belas) hari kerja
5. Biaya/Tarif Rp 0,-/Gratis
6. Produk Pelayanan

 

a.    Izin Perubahan Penggunaan Tanah (IPPT)/ Izin Pemanfaatan Tanah (IPT)

b.   Izin Lokasi

7. Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

Sarana:

a.    Perangkat komputer

b.   Alat Tulis Kantor

a.    Sistem Informasi Manajemen Perizinan   Terpadu DPMPTSP Kabupaten Pesawaran

b.   Blanko/formulir izin

c.    Dokumen Izin

d.   Brosur pengurusan izin

e.    Papan informasi prosedur dan persyaratan izin

f.     Telepon

g.    Website

h.   Email

i.     Online Single Submission (OSS)

Prasarana/fasilitas:

a.    Loket Informasi

b.   Loket Administras Perizinan (Front  Office) dan Tim Teknis Perizinan (Back Office)

c.    Loket Pengaduan

d.   Loket Kasir/Bendahara

e.    Ruang Penyimpanan Arsip

f.     Ruang Tunggu

g.    Halaman Parkir

8. Kompetensi Pelaksana

a.    Sarjana Ekonomi

b.   SMA, SMK

c.    Memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku

d.   Mampu mengoperasikan komputer

9. Pengawasan internal

a.    Dilakukan oleh atasan langsung secara berjenjang

b.   Dilaksanakan secara kontinyu

10. Penanganan pengaduan, saran dan masukan

Penanganan pengaduan:

a.    Pemohon  menerima  lembar  saran  dan    penilaian (IKM) pelayanan  DPMPTSP  saat  mengambil izin yang telah selesai

b.   Pemohon mengisi lembar tersebut dan mengembalikannya kepada petugas Loket Pengambilan Izin

c.    Pemohon yang akan menyampaikan  pengaduan dapat dilakukan dengan        datang langsung/melalui telpon/lisan /tertulis pada Loket Pengaduan.

d.   Surat  pengaduan yang  masuk  ke Kasi   Pengaduan dan Pembinaan, akan dikonsultasikan ke Kabid Informasi Data Pengaduan dan Pengawasan, kemudian akan diklasifikasikan berdasarkan materi dan bidang pengaduan terkait.

e.    Pengaduan yang masuk ke Kabid Informasi Data Pengaduan dan Pengawasan kemudian dikoordinasikan dengan Kabid terkait (Kabid Pelayanan Perizinan)

f.     Jawaban pengaduan dari Kabid terkait (Kabid Pelayanan Perizinan) akan dituangkan dalam bentuk surat jawaban pengaduan yang ditandatangani oleh Kepala DPMPTSP.

g.    Surat jawaban pengaduan yang telah ditandatangani oleh Kepala  DPMPTSP  akan  disampaikan  kepada  pemohon yang  mengajukan  pengaduan  secara langsung  atau  via telpon.

Penyampaian saran dan masukan:

a.    Pemohon juga dapat menyampaikan saran dan penilaian pelayanan DPMPTSP sewaktu-waktu dengan mengisi lembar penilaian yang tersedia pada meja loket kasir/pengambilan izin kemudian memasukkannya ke dalam kotak saran.

b.   Lembar saran dan penilaian pelayanan  direkap  dan dibahas dengan manajemen DPMPTSP secara berkala setelah 150 lembar saran dan penilaian pelayanan terkumpul

c.    Berdasarkan hasil rekap berkala,  DPMPTSP menyusun rencana aksi perbaikan pelayanan

Pengaduan dan Saran dapat disampaikan juga melalui:

a.    Kotak saran

b.   SMS gate way

c.    Survey IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat)

d.   Website (ptsp.pesawarankab.go.id)

e.    E_mail (DPMPT11@gmail.com)

11. Jumlah pelaksana 11 Orang
12. Jaminan pelayanan Pelayanan didukung oleh petugas yang berkompeten dengan prinsip pelayanan yang prima
13. Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

a.    Surat izin/surat keputusan izin dibubuhi tanda tangan serta cap stempel basah, sehingga dijamin keasliannya.

b.   Surat izin/surat keputusan izin  menggunakan  kertas berkop Dinas.

14. Evaluasi kinerja Pelaksana Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan melalui pengukuranpenerapan beberapa komponen standar pelayanan yang dilakukan sekurang-kurangnya setiap 1 tahun sekali

 

SIKAHKAN UNDUH BERKAS DAN PERSYARATAN DI BAWAH INI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *