Izin Usaha Peternakan Rakyat

Izin Usaha Perkebunan yang Terintegrasi antara Budidaya dengan Industri Pengelolaan Hasil Perkebunan
Maret 5, 2020
Surat Izin Usaha Dagang (SIUP)
Maret 5, 2020

Izin Usaha Peternakan Rakyat

No KOMPONEN URAIAN
1

Dasar Hukum

a.    Undang-Undang Nomor 18 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 84, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia No,or 5015) juncto Undang- Undang Nomor 41 Tahun 2014 Nomor 338, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5619);

2

Persyaratan Pelayanan

Surat Izin Usaha Peternakan Rakyat

a.   Surat Permohonan Bermaterai 10.000;

b.  Surat Permohonan Akte Pendirian Dan Perubahan Terakhir

c.   Fotocopy KTP

d.    Profil perushaan meliputi akta pendirian

e.   Fotocopy NPWP

f.    Surat Izin Lingkungan

g.     Izin Lokasi

h.    Upaya Pemantau Lingkungan / AMDAL

i.   Surat Izin Perdagangan

j.     Surat Izin Tempat Usaha

3.

Sistem, mekanisme dan prosedur

Pemohon → Front Office → Tim Teknis → Dinas Pertanian → Rekomendasi → Kasi Pelayanan Perizinan Usaha → Back Office → Kasi Perizinan Usaha → Kabid Pelayanan Perizinan Usaha → Sekretaris → Kepala Dinas → Back Office → Front Office → Pemohon

4.

Jangka waktu penyelesaian

5 (lima) hari kerja

5.

Biaya/Tarif

Rp. 0,-/gratis

6.

Produk Pelayanan

Izin Usaha Peternakan Rakyat

7. Sarana, prasarana dan/atau fasilitas

Sarana:

a.    Perangkat computer

b.   Alat Tulis Kantor

c.    Sistem Informasi Manajemen Perizinan Terpadu DPMPTSP Kabupaten Pesawaran

d.   Blanko/formulir izin

e.    Dokumen Izin

f.     Brosur pengurusan izin

g.    Papan informasi prosedur  dan persyaratan izin

h.   Telepon

i.     Website

j.     Email

k.   Online Single Submission (OSS)

Prasarana/fasilitas:

a.    Loket Informasi

b.   Loket  Administrasi  Perizinan  (Front  Office)  dan  Tim Teknis Perizinan (Back Office)

c.    Loket Pengaduan

d.   Loket Kasir/Bendahara

e.    Ruang Penyimpanan Arsip

f.     Ruang Tunggu

g.    Halaman Parkir

8.

Kompetensi Pelaksana

a.    Sarjana Ekonomi

b.   SMA, SMK

c.    Memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku

d.   Mampu mengoperasikan computer

9.

Pengawasan internal

a.    Dilakukan oleh atasan langsung secara berjenjang

b.   Dilaksanakan secara kontinyu

10.

Penanganan pengaduan, saran dan masukan

Penanganan  pengaduan:

a.    Pemohon menerima lembar saran dan penilaian  (IKM) pelayanan  DPMPTSP saat  mengambil  izin  yang  telah selesai

b.   Pemohon mengisi lembar tersebut dan Mengembalikannya kepada petugas Loket Pengambilan Izin

c.    Pemohon yang akan menyampaikan pengaduan dapat dilakukan dengan        dating langsung/ melalui/ telpon/ lisan/ tertulis pada Loket Pengaduan.

d.   Surat pengaduan yang masuk ke Kasi   Pengaduan dan Pembinaan, akan dikonsultasikan ke Kabid Informasi Data Pengaduan dan Pengawasan, kemudian akan iklasifikasikan berdasarkan materi      dan bidang pengaduan terkait.

e.    Pengaduan yang masuk ke Kabid  Informasi Data Pengaduan dan Pengawasankemudian dikoordinasikan dengan Kabid terkait (Kabid Pelayanan Perizinan)

f.     Jawaban pengaduan dari Kabid terkait  (Kabid Pelayanan Perizinan) akan dituangkan dalam bentuk surat jawaban pengaduan yang ditandatangani oleh Kepala DPMPTSP.

g.    Surat jawaban pengaduan yang telah ditandatangani oleh Kepala  DPMPTSP  akan  disampaikan  kepada  pemohon yang  mengajukan  pengaduan  secara langsung  atau  via telpon.

Penyampaian saran dan masukan:

a.    Pemohon juga dapat menyampaikan saran dan penilaian pelayanan DPMPTSP sewaktu-waktu dengan mengisi lembar penilaian yang tersedia pada meja loket kasir/pengambilan izin kemudian memasukkannya ke dalam kotak saran.

b.   Lembar  saran dan penilaian pelayanan direkap dan dibahas dengan manajemen DPMPTSP secara berkala setelah 150 lembar saran dan penilaian pelayanan terkumpul

c.    Berdasarkan hasil rekap berkala, DPMPTSP menyusun rencana aksi perbaikan pelayanan

Pengaduan dan Saran dapat disampaikan juga melalui:

a.    Kotak saran

b.   SMS gate way

c.    Survey IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat)

d.   Website (ptsp.pesawarankab.go.id)

e.    E_mail (DPMPT11@gmail.com)

11.

Jumlah pelaksana

11 orang

12.

Jaminan pelayanan

Pelayanan didukung oleh petugas yang berkompeten dengan prinsip pelayanan yang prima

13. Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

a.    Surat izin/surat keputusan izin dibubuhi tanda tanganserta cap stempel basah, sehingga dijamin keasliannya.

b.   Surat izin/surat keputusan izin   menggunakan  kertas berkop Dinas

14.

Evaluasi kinerja Pelaksana

Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan melalui pengukuran penerapan beberapa komponen standar pelayanan yang dilakukan sekurang-kurangnya setiap 1 tahun sekali.

SILAHKAN UNDUH BERKAS DAN SYARAT DI BAWAH INI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *