Izin Pengelolaan Parkir
Maret 26, 2021
Izin Usaha Buka Cabang Kantor Usaha Simpan Koperasi
Maret 26, 2021

Izin Usaha Simpan Pinjam Koperasi

No KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum

a.    Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2013 tentang pelaksanaan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 40, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5404);

b.   Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 10/Per/M.KUKM/IX/2015 tentang Kelembagaan Koperasi (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 1489);

c.    Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 11/Per/M.KUKM/IX/2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemupukan Modal Penyertaan pada Koperasi (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 1490);

d.   Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 25 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penerbitan Izin Koperasi Simpan Pinjam/ Usaha Simpan Pinjam dan Perluasan Usaha Simpan Pinjam Di Kabupaten Pesawaran.

2. Persyaratan Pelayanan

Izin Usaha Simpan Pinjam Koperasi

a.    Surat Permohonan

b.   Fotocopy Pengesahan Akte Pendirian / Perubahan Anggaran Dasar Koperasi Beserta Surat Keputusannya

c.    Fotocopy Surat Bukti Pengesahan Modal Dalam Bentuk Deposito

d.   Fotocopy Surat Bukti Setoran Modal Dalam Bentuk Deposito Di Bank Pemerintah Atas Nama Koperasi dan atau Salah Satu Pengurus

e.    Daftar Riwayat Hidup Pengurus Dan Pengawas Serta Fotocopy KTP Pengurus Dan Pengawas

f.     Fotocopy no rekening atas nama koperasi

g.    Rencana kerja selama 2 tahun

3. Sistem,mekanisme, dan prosedur

 

Pemohon → Front Office → Tim Teknis → Dinas Koperasi dan UMKM → Rekomendasi → Kasi Pelayanan Perizinan Usaha → Back Office → Kasi Pelayanan Perizinan Usaha → Kabid Pelayanan Perizinan Usaha → Sekretaris → Kepala Dinas → Back Office → Front Office → Pemohon
4. Jangka waktu penyelesaian 7 (tujuh) hari kerja
5. Biaya/Tarif Rp 0,-/Gratis
6. Produk Pelayanan Izin Usaha Simpan Pinjam Koperasi
7. Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

Sarana:

a.    Perangkat komputer

b.   Alat Tulis Kantor

c.    Sistem Informasi Manajemen Perizinan  Terpadu DPMPTSP Kabupaten Pesawaran

d.   Blanko/formulir izin

e.    Dokumen Izin

f.     Brosur pengurusan izin

g.    Papan informasi prosedur dan persyaratan izin

h.   Telepon

i.     Website

j.     Email

k.   Online Single Submission (OSS)

Prasarana/fasilitas:

a.    Loket Informasi

b.   Loket Administrasi Perizinan  (Front  Office)  dan  Tim Teknis Perizinan (Back Office)

c.    Loket Pengaduan

d.   Loket Kasir/Bendahara

e.    Ruang Penyimpanan Arsip

f.     Ruang Tunggu

g.    Halaman Parkir

8. Kompetensi Pelaksana

a.    Sarjana Ekonomi

b.   SMA, SMK

c.    Memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku

d.   Mampu mengoperasikan komputer

9. Pengawasan internal

a.    Dilakukan oleh atasan langsung secara berjenjang

b.   Dilaksanakan secara kontinyu

10. Penanganan pengaduan, saran dan masukan

Penanganan pengaduan:

a.    Pemohon menerima lembar saran dan  penilaian (IKM) pelayanan  DPMPTSP  saat  mengambil  izin  yang  telah selesai

b.   Pemohon mengisi lembar tersebut dan mengembalikannya

c.    kepada petugas Loket Pengambilan Izin

d.   Pemohon  yang  akan  menyampaikan pengaduan  dapat dilakukan dengan        dating langsung/melalui telpon/lisan/ tertulis pada Loket Pengaduan.

e.    Surat pengaduan  yang masuk ke Kasi   Pengaduan dan Pembinaan, akan dikonsultasikan ke Kabid Informasi Data Pengaduan dan Pengawasan, kemudian akan diklasifikasikan berdasarkan materi dan bidang pengaduan terkait.

f.     Pengaduan yang masuk ke Kabid Informasi Data Pengaduan dan Pengawasan kemudian dikoordinasikan dengan Kabid terkait (Kabid Pelayanan Perizinan)

g.    Jawaban pengaduan dari Kabid terkait (Kabid Pelayanan Perizinan) akan dituangkan dalam bentuk surat jawaban pengaduan yang ditandatangani oleh Kepala DPMPTSP.

h.   Surat jawaban pengaduan yang telah ditandatangani oleh Kepala  DPMPTSP  akan  disampaikan  kepada  pemohon yang  mengajukan  pengaduan  secara langsung  atau  via telpon.

Penyampaian saran dan masukan:

a.    Pemohon juga dapat menyampaikan saran dan penilaian pelayanan DPMPTSP sewaktu-waktu dengan mengisi lembar penilaian yang tersedia pada meja loket kasir/pengambilan izin kemudian memasukkannya ke dalam kotak saran.

b.   Lembar  saran  dan  penilaian  pelayanan  direkap  dan dibahas dengan manajemen DPMPTSP secara berkala setelah 150 lembar saran dan penilaian pelayanan terkumpul

c.    Berdasarkan hasil rekap berkala,  DPMPTSP menyusun rencana aksi perbaikan pelayanan

Pengaduan dan Saran dapat disampaikan juga melalui:

a.    Kotak saran

b.     SMS gate way

c.      Survey IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat)

d.     Website (ptsp.pesawarankab.go.id)

e.      E_mail (DPMPT11@gmail.com)

11. Jumlah pelaksana 11 Orang
12. Jaminan pelayanan Pelayanan didukung oleh petugas yang berkompeten dengan prinsip pelayanan yang prima
13. Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

a.    Surat izin/surat keputusan izin dibubuhi tanda tangan serta cap stempel basah, sehingga dijamin keasliannya.

b.   Surat izin/surat keputusan izin  menggunakan  kertas berkop Dinas.

14. Evaluasi kinerja Pelaksana Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan melalui pengukuranpenerapan beberapa komponen standar pelayanan yang dilakukan sekurang-kurangnya setiap 1 tahun sekali

 

SIKAHKAN UNDUH BERKAS DAN PERSYARATAN DI BAWAH INI

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *