Izin Usaha Buka Cabang Kantor Usaha Simpan Koperasi

Izin Usaha Simpan Pinjam Koperasi
Maret 26, 2021
Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)
Maret 26, 2021

Izin Usaha Buka Cabang Kantor Usaha Simpan Koperasi

No KOMPONEN URAIAN

1.

Dasar Hukum

a.    Undang-Undang  Republik  Indonesia  Nomor  25  Tahun  2009 Pelayanan  Publik  (Lembaran  Negara  Republik  Indonesia  Tahun  2009 Nomor  112,  Tambahan  Lembaran  Negara  Republik  Indonesia  Nomor 5038).

b.   Peraturan  Pemerintah  Nomor  96  Tahun  2012 tentang  Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

c.    Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan, Penetapan, dan Penerapan Standar pelayanan.

d.   Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 24 tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu satu Pintu.

e.    Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 4 Tahun 2017 tentang pelimpahan sebagian kewenangan dibidang Perizinan dan Non Perizinan Kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pesawaran.

f.     Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 20 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran Nomor 3 Tahun 2012 tentang Retribusi Perizinan Tertentu.

g.    Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 32 Tahun 2018 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan di Bidang Perizinan dan Non Perizinan Kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pesawaran.

2.

Persyaratan Pelayanan

Izin Usaha Simpan Pinjam Koperasi

a.    Alamat kantor cabang dan kantor cabang pembantu yang akan dibuka

b.   Fotocopy anggaran dasar dan anggaran rumah tangga

c.    Modal kerja untuk kantor cabang dan kantor cabang pembantu

d.   Fotocopy hasil penilaian kesehatan dengan predikat kesehatan sekurang-kurangnya cukup sehat

e.    Daftar sarana kerja beserta kondisi fisiknya

f.     Neraca dan perhitungan hasil usaha koperasi yang bersangkutan dalam 1 tahun terakhir

g.    Rencana kerja kantor cabang paling sedikit setahun

h.   Daftar nama dan riwayat hidup calonpimpinan dan daftar nama calon karyawan kantor cabang, dan

i.     Calon kepala cabang wajib memiliki sertifikat standar kompetensi

3.

Sistem,mekanisme, dan prosedur

Pemohon → Front Office → Tim Teknis → Dinas Koperasi dan UMKM → Rekomendasi → Kasi Pelayanan Perizinan Usaha → Back Office → Kasi Pelayanan Perizinan Usaha → Kabid Pelayanan Perizinan Usaha → Sekretaris → Kepala Dinas → Back Office → Front Office → Pemohon

 

4.

Jangka waktu penyelesaian

10 (sepuluh) hari kerja

5.

Biaya/Tarif

Rp 0,-/Gratis

6.

Produk Pelayanan

Izin Usaha Simpan Pinjam Koperasi

7.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

Sarana:

a.    Perangkat komputer

b.   Alat Tulis Kantor

c.    Sistem Informasi Manajemen Perizinan  Terpadu DPMPTSP Kabupaten Pesawaran

d.   Blanko/formulir izin

e.    Dokumen Izin

f.     Brosur pengurusan izin

g.    Papan informasi prosedur dan persyaratan izin

h.   Telepon

i.     Website

j.     Email

k.   Online Single Submission (OSS)

Prasarana/fasilitas:

a.    Loket Informasi

b.   Loket Administrasi Perizinan  (Front  Office)  dan  Tim Teknis Perizinan (Back Office)

c.    Loket Pengaduan

d.   Loket Kasir/Bendahara

e.    Ruang Penyimpanan Arsip

f.     Ruang Tunggu

g.    Halaman Parkir

8.

Kompetensi Pelaksana

a.    Sarjana Ekonomi

b.   SMA, SMK

c.    Memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku

d.   Mampu mengoperasikan komputer

9.

Pengawasan internal

a.    Dilakukan oleh atasan langsung secara berjenjang

b.   Dilaksanakan secara kontinyu

10.

Penanganan pengaduan, saran dan masukan

Penanganan pengaduan:

a.    Pemohon menerima lembar saran dan  penilaian (IKM) pelayanan  DPMPTSP  saat  mengambil  izin  yang  telah selesai

b.   Pemohon mengisi lembar tersebut dan mengembalikannya

c.    kepada petugas Loket Pengambilan Izin

d.   Pemohon  yang  akan  menyampaikan pengaduan  dapat dilakukan dengan        dating langsung/melalui telpon/lisan/ tertulis pada Loket Pengaduan.

e.    Surat pengaduan  yang masuk ke Kasi   Pengaduan dan Pembinaan, akan dikonsultasikan ke Kabid Informasi Data Pengaduan dan Pengawasan, kemudian akan diklasifikasikan berdasarkan materi dan bidang pengaduan terkait.

f.     Pengaduan yang masuk ke Kabid Informasi Data Pengaduan dan Pengawasan kemudian dikoordinasikan dengan Kabid terkait (Kabid Pelayanan Perizinan)

g.   Jawaban pengaduan dari Kabid terkait (Kabid Pelayanan Perizinan) akan dituangkan dalam bentuk surat jawaban pengaduan yang ditandatangani oleh Kepala DPMPTSP.

h.   Surat jawaban pengaduan yang telah ditandatangani oleh Kepala  DPMPTSP  akan  disampaikan  kepada  pemohon yang  mengajukan  pengaduan  secara langsung  atau  via telpon.

Penyampaian saran dan masukan:

a.    Pemohon juga dapat menyampaikan saran dan penilaian pelayanan DPMPTSP sewaktu-waktu dengan mengisi lembar penilaian yang tersedia pada meja loket kasir/pengambilan izin kemudian memasukkannya ke dalam kotak saran.

b.   Lembar  saran  dan  penilaian  pelayanan  direkap  dan dibahas dengan manajemen DPMPTSP secara berkala setelah 150 lembar saran dan penilaian pelayanan terkumpul

c.    Berdasarkan hasil rekap berkala,  DPMPTSP menyusun rencana aksi perbaikan pelayanan

Pengaduan dan Saran dapat disampaikan juga melalui:

a.    Kotak saran

b.   SMS gate way

c.    Survey IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat)

d.   Website (ptsp.pesawarankab.go.id)

e.    E_mail (DPMPT11@gmail.com)

11.

Jumlah pelaksana

11 Orang

12.

Jaminan pelayanan

Pelayanan didukung oleh petugas yang berkompeten dengan prinsip pelayanan yang prima

13.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

a.    Surat izin/surat keputusan izin dibubuhi tanda tangan serta cap stempel basah, sehingga dijamin keasliannya.

b.   Surat izin/surat keputusan izin  menggunakan  kertas berkop Dinas.

14.

Evaluasi kinerja Pelaksana

Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan melalui pengukuranpenerapan beberapa komponen standar pelayanan yang dilakukan sekurang-kurangnya setiap 1 tahun sekali

 

 

 

SIKAHKAN UNDUH BERKAS DAN PERSYARATAN DI BAWAH INI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *