Izin Kerja/Praktik Tenaga Kesehatan (SIK/SIP)
Maret 26, 2021
Perizinan Dan Pendaftaran Lembaga Pelatihan Kerja
Maret 26, 2021

Perpanjangan IMTA (Izin Memperkerjakan Tenaga Asing)

No KOMPONEN URAIAN
1.

Dasar Hukum

a.    Undang-Undang  Republik  Indonesia  Nomor 13 Tahun 2013 Tentang Tenaga Kerjaan

b.   Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing.

c.    Peraturan Menteri Ketenaga Kerjaan Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2016 Tentang Tata Cara Perizinan dan Pendaftaran Lembaga Pelatihan Kerja.

d.   Peraturan Menteri Ketenaga Kerjaan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing.

2.

Persyaratan Pelayanan

Perpanjangan IMTA (Izin Memperkerjakan Tenaga Asing)

a.    Surat Permohonan secara tertulis

b.   Alasan Perpanjangan IMTA

c.    Fotokopi IMTA yang masih berlaku

d.   Bukti pembayaran DKP-TKP melalui bank pemerintah yang ditunjuk oleh menteri atau retribusi melalui bank yang ditunjuk oleh Gubernur atau Bupati/Walikota

e.    Fotocopi keputusan RPTKA yang masih berlaku

f.     Paspor TKA yang masih berlaku

g.    Paspoto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar

h.   Fotokopi perjanjian kerja atau perjanjian melakukan pekerjaan

i.     Fotokopi bukti/upah TKA

j.     Fotokopi NPWP bagi TKA yang bekerja lebih dari 6 (enam) bulan

k.   Fotokopi NPWP bagi pemberi kerja TKA

l.     Bukti polis asuransi di perusahaan asuransi berbadan hukum Indonesia

m.  Fotokopi bukti kepesertaan ikut program jaminan sosial nasional bagi TKA yang berkerja lebih dari 6 (enam) bulan

n.   Fotocopy surat penunjukan TKI pendamping

o.    Laporan realisasi pelaksanaan pendidikan dan pelatihan TKI pendamping dalam rangka alih teknologi

p.   Rekomendasi jabatan yang akan diduduki oleh TKA dari instansi teknis sesuai dengan peraturan yang berlaku di instansi teknis terkait.

3.

Sistem,mekanisme, dan prosedur

Pemohon → Front Office → Tim Teknis → Dinas Perhubungan → Rekomendasi → Kasi Pelayanan Perizinan Usaha → Back Office → Kasi Pelayanan Perizinan Usaha → Kabid Pelayanan Perizinan Usaha → Sekretaris → Kepala Dinas → Back Office → Front Office → Pemohon

4.

Jangka waktu penyelesaian

2 (Dua)  hari kerja

5.

Biaya/Tarif

Rp 0,-/Gratis

6.

Produk Pelayanan

Perpanjangan IMTA (Izin Memperkerjakan Tenaga Asing)

7.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

Sarana:

a.      Perangkat komputer

b.     Alat Tulis Kantor

c.      Sistem Informasi Manajemen Perizinan   Terpadu DPMPTSP Kabupaten Pesawaran

d.     Blanko/formulir izin

e.      Dokumen Izin

f.       Brosur pengurusan izin

g.      Papan informasi prosedur dan persyaratan izin

h.     Telepon

i.       Website

j.       Email

k.     WIFI

l.       Online Single Submission (OSS)

Prasarana/fasilitas:

a.    Loket Informasi

b.   Loket Administrasi Perizinan  (Front  Office)  dan  Tim Teknis Perizinan (Back Office)

c.    Loket Pengaduan

d.   Loket Kasir/Bendahara

e.    Ruang Penyimpanan Arsip

f.     Ruang Tunggu

g.    Halaman Parkir

8.

Kompetensi Pelaksana

a.      S1 Semua Jurusan

b.     SMA

c.      Memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku

d.     Mampu mengoperasikan komputer

9.

Pengawasan internal

a.      Dilakukan oleh atasan langsung secara berjenjang

b.     Dilaksanakan secara kontinyu

10.

Penanganan pengaduan, saran dan masukan

Penanganan pengaduan:

a.      Pemohon menerima lembar saran dan  penilaian (IKM) pelayanan  DPMPTSP  saat  mengambil  izin  yang  telah selesai

b.     Pemohon mengisi lembar tersebut dan mengembalikannya

d.     kepada petugas Loket Pengambilan Izin

e.      Pemohon  yang  akan  menyampaikan pengaduan  dapat dilakukan dengan        dating langsung/melalui telpon/lisan/ tertulis pada Loket Pengaduan.

f.       Surat pengaduan  yang masuk ke Kasi   Pengaduan dan Pembinaan, akan dikonsultasikan ke Kabid Informasi Data Pengaduan dan Pengawasan, kemudian akan diklasifikasikan berdasarkan materi dan bidang pengaduan terkait.

g.      Pengaduan yang masuk ke Kabid Informasi Data Pengaduan dan Pengawasan kemudian dikoordinasikan dengan Kabid terkait (Kabid Pelayanan Perizinan)

h.     Jawaban pengaduan dari Kabid terkait (Kabid Pelayanan Perizinan) akan dituangkan dalam bentuk surat jawaban pengaduan yang ditandatangani oleh Kepala DPMPTSP.

i.       Surat jawaban pengaduan yang telah ditandatangani oleh Kepala  DPMPTSP  akan  disampaikan  kepada  pemohon yang  mengajukan  pengaduan  secara langsung  atau  via telpon.

Penyampaian saran dan masukan:

a.      Pemohon juga dapat menyampaikan saran dan penilaian pelayanan DPMPTSP sewaktu-waktu dengan mengisi lembar penilaian yang tersedia pada meja loket kasir/pengambilan izin kemudian memasukkannya ke dalam kotak saran.

b.     Lembar  saran  dan  penilaian  pelayanan  direkap  dan dibahas dengan manajemen DPMPTSP secara berkala setelah 150 lembar saran dan penilaian pelayanan terkumpul

c.      Berdasarkan hasil rekap berkala,  DPMPTSP menyusun rencana aksi perbaikan pelayanan

Pengaduan dan Saran dapat disampaikan juga melalui:

a.      Kotak saran

b.     SMS gate way

c.      Survey IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat)

d.     Website (ptsp.pesawarankab.go.id)

e.      E_mail (DPMPT11@gmail.com)

11.

Jumlah pelaksana

11 Orang

12.

Jaminan pelayanan

Pelayanan didukung oleh petugas yang berkompeten dengan prinsip pelayanan yang prima

13.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

a.      Surat izin/surat keputusan izin dibubuhi tanda tangan serta cap stempel basah, sehingga dijamin keasliannya.

b.     Surat izin/surat keputusan izin  menggunakan  kertas berkop Dinas.

14.

Evaluasi kinerja Pelaksana

Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan melalui pengukuranpenerapan beberapa komponen standar pelayanan yang dilakukan sekurang-kurangnya setiap 1 tahun sekali

 

 

SIKAHKAN UNDUH BERKAS DAN PERSYARATAN DI BAWAH INI

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *