Izin Penyelenggaraan Klinik Pratama dan Klinik Utama

Izin Toko Obat, Klinik Pratama dan Izin Apotek
Maret 24, 2021
Izin Mendirikan Klinik Utama
Maret 24, 2021

Izin Penyelenggaraan Klinik Pratama dan Klinik Utama

No KOMPONEN URAIAN
1.

Dasar Hukum

a.    Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 tentang Klinik.

2.

Persyaratan Pelayanan

IZIN PENYELENGGARAAN KLINIK PRATAMA

a. Profil klinik Pratama

b. izin mendirikan Klinik Pratama

IZIN PENYELENGGARAAN KLINIK UTAMA

a. Profil klinik Utama

b. izin mendirikan Klinik Utama

3.

Sistem,mekanisme, dan prosedur

Pemohon → Front Office → Tim Teknis → Dinas Kesehatan → Rekomendasi → Kasi Pelayanan Perizinan Usaha → Back Office → Kasi Pelayanan Perizinan Usaha → Kabid Pelayanan Perizinan Usaha → Sekretaris → Kepala Dinas → Back Office → Front Office → Pemohon

4.

Jangka waktu penyelesaian

11 (Sebelas) hari kerja

5.

Biaya/Tarif

Rp 0,-/Gratis

6.

Produk Pelayanan

a . izin penyelenggaraan klinik pratama

b . izin penyelenggaraan klinik utama

7.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

Sarana:

a.    Perangkat komputer

b.   Alat Tulis Kantor

c.    Sistem  Informasi  Manajemen Perizinan   Terpadu DPMPTSP Kabupaten Pesawaran

d.   Blanko/formulir izin

e.    Dokumen Izin

f.     Brosur pengurusan izin

g.    Papan informasi prosedur dan persyaratan izin

h.   Telepon

i.     Website

j.     Email

k.   Online Single Submission (OSS)

Prasarana/fasilitas:

a.    Loket Informasi

b.   Loket Administrasi Perizinan (Front  Office)  dan  Tim Teknis Perizinan (Back Office)

c.    Loket Pengaduan

d.   Loket Kasir/Bendahara

e.    Ruang Penyimpanan Arsip

f.     Ruang Tunggu

g.    Halaman Parkir

8.

Kompetensi Pelaksana

a.    Sarjana Ekonomi

b.   SMA, SMK

c.    Memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku

b.   Mampu mengoperasikan computer

9.

Pengawasan internal

a.    Dilakukan oleh atasan langsung secara berjenjang

b.   Dilaksanakan secara kontinyu

10.

Penanganan pengaduan, saran dan masukan

Penanganan pengaduan:

a.    Pemohon menerima lembar saran dan  penilaian (IKM) pelayanan  DPMPTSP  saat  mengambil  izin  yang  telah selesai

b.   Pemohon mengisi lembar tersebut dan mengembalikannya kepada petugas Loket Pengambilan Izin

c.    Pemohon  yang  akan  menyampaikan  pengaduan dapat dilakukan dengan        dating langsung/melalui telpon/lisan/ tertulis pada Loket Pengaduan.

d.   Surat pengaduan yang masuk ke Kasi   Pengaduan dan Pembinaan, akan dikonsultasikan ke Kabid Informasi Data Pengaduan dan Pengawasan, kemudian akan diklasifikasikan berdasarkan materi dan bidang pengaduan terkait.

e.    Pengaduan yang masuk ke Kabid Informasi Data Pengaduan dan Pengawasan kemudian dikoordinasikan dengan Kabid terkait (Kabid Pelayanan Perizinan)

f.     Jawaban pengaduan dari Kabid terkait (Kabid Pelayanan Perizinan) akan dituangkan dalam bentuk surat jawaban pengaduan yang ditandatangani oleh Kepala DPMPTSP.

g.    Surat jawaban pengaduan yang telah ditandatangani oleh Kepala  DPMPTSP  akan  disampaikan  kepada  pemohon yang  mengajukan  pengaduan  secara langsung  atau  via telpon.

Penyampaian saran dan masukan:

a.    Pemohon juga dapat menyampaikan saran dan penilaian pelayanan DPMPTSP sewaktu-waktu dengan mengisi lembar penilaian yang tersedia pada meja loket kasir/pengambilan izin kemudian memasukkannya ke dalam kotak saran.

b.   Lembar saran  dan  penilaian  pelayanan  direkap dan dibahas dengan manajemen DPMPTSP secara berkala setelah 150 lembar saran dan penilaian pelayanan terkumpul

c.    Berdasarkan hasil rekap  berkala,  DPMPTSP menyusun rencana aksi perbaikan pelayanan

Pengaduan dan Saran dapat disampaikan juga melalui:

a.    Kotak saran

b.   SMS gate way

c.    Survey IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat)

d.   Website (ptsp.pesawarankab.go.id)

e.    E_mail (DPMPT11@gmail.com)

 

11.

Jumlah pelaksana

11 Orang

12.

Jaminan pelayanan

Pelayanan didukung oleh petugas yang berkompeten dengan prinsip pelayanan yang prima

13.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

a.    Surat izin/surat keputusan izin dibubuhi tanda  tangan serta cap stempel basah, sehingga dijamin keasliannya.

b.   Surat izin/surat keputusan izin  menggunakan  kertas berkop Dinas.

 

 

14.

Evaluasi kinerja Pelaksana

Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan melalui pengukuran penerapan beberapa komponen standar pelayanan yang dilakukan sekurang-kurangnya setiap 1 tahun sekali

Silahkan Unduh Berkas dan Persyaratan di Bawah ini

KLINIK PRATAMA

KLINIK UTAMA

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *